Beranda | Artikel
Hukum Begadang dalam Islam (Ustadz Abu Yala Kurnaedi, Lc.)
Selasa, 1 Juli 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Rekaman video: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. – Hukum Begadang dalam Islam

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hukum Begadang dalam Islam

Tentang malam, Allah sebutkan dalam Al-Qur’an Al-Karim, di antaranya dalam Surat An-Naba’, ayat ke-9 sampai ke-11:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا ﴿٩﴾ وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِبَاسًا ﴿١٠﴾ وَجَعَلْنَا النَّهَارَ‌ مَعَاشًا ﴿١١﴾ – ﴿النبإ : ٩-١١﴾

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, (9) dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, (10) dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, (11)” (QS An-Naba’ [78]: 9-11)

Di sini, Allah sebutkan malam itu seperti pakaian, karena pakaian ini menutupi tubuh. Malam juga dengan gelapnya menutupi bumi.

Tentang malam juga, Allah sebutkan dalam Surat Al-Qashash, ayat 71-73:

قُلْ أَرَ‌أَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّـهُ عَلَيْكُمُ اللَّيْلَ سَرْ‌مَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَـٰهٌ غَيْرُ‌ اللَّـهِ يَأْتِيكُم بِضِيَاءٍ ۖ أَفَلَا تَسْمَعُونَ ﴿٧١﴾ قُلْ أَرَ‌أَيْتُمْ إِن جَعَلَ اللَّـهُ عَلَيْكُمُ النَّهَارَ‌ سَرْ‌مَدًا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَنْ إِلَـٰهٌ غَيْرُ‌ اللَّـهِ يَأْتِيكُم بِلَيْلٍ تَسْكُنُونَ فِيهِ ۖ أَفَلَا تُبْصِرُ‌ونَ ﴿٧٢﴾ وَمِن رَّ‌حْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ‌ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُ‌ونَ ﴿٧٣﴾ – (القصص : ٧١ – ٧٣)

Ini adalah ayat-ayat berbicara yang dengannya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajak kita untuk ta’ammul, tafakkur, dan tadabbur, memperhatikan ayat-ayat Allah kauniyyah tentang malam dan siang secara khusus, yakni Allah memiliki sunan kauniyyah: ada malam, ada siang; ada matahari, ada bulan; ada bintang, ada bumi; ada lautan, ada daratan; dst; ini sunnah-sunnah Allah yang kauniyyah yang Allah perintahkan untuk memperhatikannya / mentadabburinya.

Lalu bagaimana hukum begadang menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah? Simak dan download ceramah agama Islam ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi – Hukum Begadang dalam Islam


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16843-hukum-begadang-dalam-islam-ustadz-abu-yala-kurnaedi-lc/